Hindari Kesalahan Fatal Ini sebelum Mulai Berdagang Valas

sebelum-mulai-berdagang-valasKita hidup bukan hanya untuk saat ini, melainkan untuk masa depan. Oleh karenanya, jangan terlalu boros. Sisihkan penghasilan bulananmu untuk berinvestasi agar masa depan bisa memiliki kehidupan yang layak bahkan mapan. Kalau memang telah “diambil” oleh Sang Pencipta ketika usia muda, dana investasi bisa dilimpahkan kepada keluarga sebagai sumber keuangan sementara untuk memenuhi kebutuhan. Bicara soal investasi, berdagang valas menjadi salah satu bentuk investasi yang cukup diminati saat ini. Pertama, alasan fleksibilitas waktu karena berdagang valas bisa dilakukan selama 24 jam. Kedua, soal keuntungan yang bisa diperoleh dalam waktu singkat & jumlahnya yang relatif besar. Ketiga, alasan modal yang dimiliki bisa dengan $100 saja. Apakah kamu merasa terdorong untuk berdagang valas? Pastikan untuk menghindari kesalahan fatal ini sebelum mulai berdagang valas.

Tidak menggandeng pialang valas yang kredibel

Sebelum berdagang valas, kamu harus menggandeng pialang valas. Kamu dituntut akun riil yang disediakan oleh pialang valas kemudian men-download platform sebagai alat untuk berdagang. Transaksi yang kamu lakukan dengan menggunakan platform tersebut bakal disalurkan oleh pialang valas ke pialang valas yang lebih besar hingga pada gilirannya bakal menuju pasar uang dunia. Mengingat begitu sentralnya peran pialang valas, kamu harus hati-hati dalam menggandeng pialang valas. Jangan sampai pialang valas yang dipilih tidak kredibel yang memiliki kriteria sebagai berikut: tidak punya izin dari badan regulasi, tidak memiliki segregated account, dan tidak memiliki track record yang bagus. Ujung-ujungnya kamu sendiri yang bakal merugi akibat adanya penyelewangan dana, platform dengan akses lambat, dsb jika menggandeng pialang valas dengan kriteria demikian.

Tidak membuat trading plan

Isi daripada trading plan adalah batasan keuntungan yang diharapkan, batasan kerugian per transaksi & maksimum, strategi yang digunakan ketika mengalami kerugian, dan lain sebagainya. Tujuan dari pembuatan trading plan sendiri tidak lain agar perdagangan yang dilakukan lebih terarah. Layaknya sebuah peta yang bisa menuntut orang untuk mencapai tujuannya, trading plan pun demikian yang dapat memungkinkan kamu sebagai trader mencapai tujuan dengan mudah. Perlu diingat bahwa selama berdagang valas, segala tindakan yang diambil harus mengikuti trading plan yang telah dibuat. Sebagai contoh, batasan keuntungan yang diharapkan per sekali transaksi adalah $500. Kamu harus mengikutinya demi keamanan. Apabila kamu keluar dari trading plan karena keserahakan yang tidak dapat dikontrol, tidak menutup kemungkinan yang didapat bukan keuntungan melainkan kerugian mengingat fluktuasi harga valas yang setiap detiknya mengalami perubahan.

Tidak memilih currency pair sesuai kondisi & kemampuan

Sebelum mulai berdagang valas, kamu juga patut untuk memilih currency pair. Tanpa adanya pasangan mata uang, tentunya kamu tidak bisa berdagang valas. Secara umum, karakteristik currency pair memiliki 2 jenis yakni agresif dan pelan. Ketahuilah currency pair memberikan pengaruh besar terhadap perdagangan kamu. Makanya, hati-hati saat memilihnya. Disarankan untuk memilih currency pair sesuai dengan kondisi & kemampuan kamu. Seperti halnya ketika kondisi ekonomi atau politik di negara “A” buruk sebaiknya tidak memilih currency pair yang salah satunya punya negara “A” dan berlaku sebaliknya. Untuk kemampuan, sebaiknya tidak memilih currency pair yang agresif (GBP/USD) jika kamu termasuk pemula karena ditakutkan kamu terlalu sulit untuk mengikutinya. Memang potensi keuntungan akan lebih besar, tapi resiko kerugiannya pun berbanding lurus. Sebaiknya pilih currency pair dengan karakteristik pelan (AUD/USD) jika kamu termasuk trader pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *