Kiat Memulai Usaha Nasi Kotak

memulai-usaha-nasi-kotakKalau belum juga mendapatkan pekerjaan atau tertarik menambah penghasilan, coba pertimbangkan membangun usaha nasi kotak. Perkembangan zaman nyatanya ikut merubah gaya hidup masyarakat yang ingin semua serba praktis & instan, termasuk untuk urusan makan. Ketimbang memasak, kebanyakan orang lebih suka membeli makan di luar karena tidak membutuhkan waktu lama & banyak tenaga. Jikalau tertarik, berikut ini beberapa kiat memulai usaha nasi kotak:

Tentukan target pasar

Sebelum memulai usaha nasi kotak, tentukan target market! Apakah menargetkan ibu-ibu arisan, para pekerja kantoran, atau anak-anak sekolahan. Tidak lain bertujuan untuk memudahkan Anda dalam hal:

  • Pemilihan media promosi. Dengan adanya promosi, usaha bisa dikenal luas oleh publik sehingga bisa memperoleh banyak konsumen. Sayangnya, promosi jadi kurang efektif ketika pemilihan media promosi tidak sesuai dengan target pasar. Word of mouth menjadi media promosi yang dirasa efektif jika target pasar ibu-ibu arisan, email & artikel marketing untuk para pekerja, serta jejaring sosial untuk anak-anak sekolahan.
  • Penentuan harga. Ketika target pasar telah ditentukan, Anda tidak terlalu kesulitan dalam menentukan harga jual nasi kotak. Berikan harga jual yang ramah di kantong bagi target market Anda sehingga mendapatkan perhatian dari mereka.

Pilih menu yang akan ditawarkan

Sebelum memilih menu, tentukan dahulu jenis masakannya apakah makanan khas Indonesia, Jepang, Italia, atau China. Dari jenis masakan tersebut, pilih menu Nasi Kotak yang paling banyak diminati oleh pasar seperti sate khas Madura, ayam rica-rica Manado, gudeg Yogyakarta, dsb untuk kuliner Indonesia. Buat menu makanan yang Anda tawarkan berbeda dari yang lain misalnya dari lebih terasa bumbunya, lebih besar ukuran lauknya, dan selalu ganti-ganti menu setiap harinya sehingga tidak bosan.

Cari pemasok bahan baku

Adapun kiat-kiat menemukan pemasok bahan baku yang tepat yaitu

  • Menjanjikan kualitas terbaik. Utamanya Anda sebagai usaha pemula, jangan sampai mengecewakan konsumen pertama dengan memberikan masakan yang kurang enak karena kualitas bahan baku yang rendah demi mendapatkan keuntungan yang tinggi. Sangat disarankan untuk membeli bahan baku yang berkualitas agar tidak mengecewakan konsumen. Oleh sebab itu, pilih supplier yang menjanjikan bahan baku kualitas terbaik.
  • Memiliki kesanggupan dalam memenuhi kebutuhan. Pilihlah pemasok yang sanggup memenuhi berapapun bahan baku yang Anda butuhkan. Sebab, kelancaran usaha Anda sangat bergantung pada mereka. Ketika mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan bahan baku, Anda tidak dapat memenuhi permintaan konsumen.
  • Menawarkan harga sesuai anggaran. Harga yang ditawarkan pemasok tak kalah penting diperhitungkan. Ketika pemasok menawarkan harga bahan baku yang tidak sesuai anggaran, sebaiknya jangan dipilih karena memungkinkan Anda kesulitan mendapatkan profit. Pilih supplier yang menawarkan harga bersahabat bahkan metode pembayaran yang fleksibel.

Miliki website

Faktanya, mayoritas orang di zamanĀ  modern seperti sekarang lebih suka menghabiskan waktunya di depan komputer atau handphone untuk mengakses internet. Makanya, penting bagi Anda selaku pebisnis membuat website agar dapat memudahkan konsumen lakukan pemesanan nasi kotak. Pastikan Anda membuat website berbayar seperti Foodspot agar lebih cepat diindeks oleh Google sehingga berpeluang berada di top rank karena kebanyakan user mengakses website di halaman pertama utamanya rank pertama.

Pengusaha nasi kotak belakangan makin banyak. Agar bisa bersaing bahkan lebih unggul dari mereka, miliki nilai lebih di mata target market. Misalnya menawarkan paket yang beragam dengan harga terjangkau, pengiriman yang tepat waktu, metode pembayaran yang beragam, jenis masakan yang bermacam-macam, dsb.

Kiat-Kiat Memulai Bisnis untuk Pemula

Saat ini ada banyak peluang bisnis yang cukup menjanjikan dari modal yang kecil sampai dengan modal besar. Dengan banyaknya peluang bisnis, tentunya akan menarik perhatian banyak orang untuk mencoba menjadi pebisnis. Menjadi seorang pebisnis susah-susah gampang. Jika sudah mengetahui celanya tentunya akan lebih mudah memulai bisnis, tapi jika belum tahu sudah pasti akan rugi. Begitu juga dengan para pemula yang ingin merintis bisnis/usaha tentunya dibutuhkan informasi mengenai dunia bisnis. Bagi para pemula yang ingin memulai bisnis, ada baiknya belajar lebih banyak tentang bisnis. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis, maka berikut ini kiat-kiat yang harus dilakukan.

bisnis-pemula

Harus fokus

Banyak para pemula yang ingin memulai bisnis serakah dengan peluang usaha tanpa memikirkan perkembangan bisnis kedepannya. Jika ini yang dilakukan oleh Anda sebagai seorang pemula, tentunya merupakan kesalahan yang besar. Mengapa? Karena dengan Anda mengambil semua bisnis yang ada tentunya resiko yang harus dihadapai cukup besar. Hal ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula bisnis. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis, maka kiat pertama adalah harus fokus. Anda harus fokus pada satu bisnia terlebih dahulu agar lebih maksimal. Contoh, Anda ingin menjalankan bisnis baju, maka Anda harus fokus pada baju terlebih dahulu. Lebih baik Anda fokus pada satu bisnis tapi berkembang dibandingkan Anda mengambil lebih dari 1 bisnis tapi tidak berkembang.

Terus Belajar

Sebagai seorang pebisnis tentunya belajar merupakan modal untuk meningkatkan bisnis. Sebagai seorang pebisnis baik itu yang sudah ahli sekalipun terus belajar merupakan hal yang penting. Nah, apalagi bagi Anda pemula yang ingin memulai bisnis tentunya terus belajar itu sangat dibutuhkan. Belajar hal-hal yang baru tentang bisnis tentunya sangat penting bagi seorang pemula. Anda dapat belajar hal baru dari berbagai sumber baik itu internet, keluarga, teman, atau tidak belajar dari para pengusaha yang telah sukses. Dengan Anda terus belajar, tentunya akan memiliki ide-ide baru untuk membuat bisnis Anda terus berkembang. Jangan takut atau juga malu untuk terus belajar semakin Anda belajar, maka semakin banyak ilmu tentang bisnis yang didapatkan.

Mulai dari yang disukai

Kiat selanjutnya bagi para pemula yang ingin memulai bisnis, maka pilihlah usaha yang disukai. Dengan Anda memulai usaha dari yang disukai, maka didalam diri Anda akan merasa lebih bersemangat untuk menjalankan bisnis. Ada banyak jenis usaha atau bisnis yang dapat dilakukan oleh Anda dari yang disukai. Misal, Anda termasuk seseorang yang suka dengan tanaman, maka Anda dapat membuka bisnis yang berkaitan dengan tanaman. Baik itu tanaman bunga atau juga sayuran.

Lakukan promosi

Sebagus dan seunik apa karya bisnis Anda, tanpa melakukan promosi tentunya orang tidak akan mengetahuinya. Oleh karena itu, kiat yang harus dilakukan sebagai seorang pemula bisnis adalah melakukan promosi secara tepat dan maksimal. Dengan Anda gencar untuk melakukan promosi, maka lebih baik karena lebih cepat diketahui oleh banyak orang. Lakukan promosi sesuai dengan target pasar agar promosi tidak sia-sia. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk promosi, seperti dari mulut kemulut atau menggunakan brosur. Untuk lebih luas lagi dan menjadi trend masa kini, maka gunakan pemasaran online.

Bagi para pemula yang ingin memulai bisnis, maka Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya seperti kiat-kiat di atas. Setelah itu, Anda harus pintar untuk mengatur keuangan.